Yangko Jogja #BikinRamadanBerkesan

Yangko Jogja #BikinRamadanBerkesan

Resep Yangko Jogja #BikinRamadanBerkesan favorit. Makanan ini khas jogja banget, sesuai daerah asalku. Dulu ibu selalu bikin ni yangko, dan nggak tahu, kenapa kalo masak kok selalu malam, maaf ibu, aku kadang ngantuk dan berat mbantuinnya. Sekarang aku nyoba bikin kayak ibu dulu selalu lakukan...

Bahan-bahan

  • 300 gr tepung ketan putih (50 gr utk baluran setelah disangrai)
  • Essens atau pewarna makanan
  • 2 genggam kacang tanah kupas sangrai, dan blender
  • 3 sdm gula halus, campur dengan kacang yg akan diblender
  • Bahan air gula :
  • 100 gr gula
  • 400 gr air

Cara Memasak Yangko Jogja #BikinRamadanBerkesan

Langkah ke-1

Sangrai tepung ketan selama 10 menit, angkat, sisihkan

Langkah ke-2

Ambil secukupnya atau 50 gr untuk membalur yangko

Langkah ke-3

Didihkan gula+air, dan matikan api, biarkan dingin

Langkah ke-4

Campurkan air gula dengan tepung, mixer dengan kecepatan rendah sampai tidak bergerindil

Langkah ke-5

Bagi adonan sesuai warna, teteskan warna dalam adonan

Langkah ke-6

Masak dalam teflon secara bergantian, tiap warna,aduk terus sampai kesat.

Langkah ke-7

Tempatkan dalam loyang yang sdh dialas plastik atau kertas roti, dan taburi tepung ketan, pipihkan bentuk kotak. Isi tengahnya dengan kacang, lipat. Posisi kacang ditengah yangko

Langkah ke-8

Potong2 kotak yangko. Agar lebih kenyal dan tidak lengket, bisa dimasukkan kulkas selama 6 jam.

Langkah ke-9

Yangko sdh siap dinikmati...hmm.enak nya
Yangko Jogja #BikinRamadanBerkesan

Tunjukan Hasil Masakanmu

Caranya:

  1. Masak resepnya
  2. Photo hasilnya
  3. Upload photo dan tulis kesan Anda saat memasak

Pencarian terkait