ResepDonat 🍩 #BikinRamadanBerkesan

Masakanmu.com – Cara membuat Donat 🍩 #BikinRamadanBerkesan. Resep Donat 🍩 #BikinRamadanBerkesan begitu banyak variasinya, tapi yang satu ini begitu unik, sederhana, lezat dan wajib dicoba. Yuk, pelajari cara membuatnya di sini!

Bahan-bahan

  • 500 gram terigu protein tinggi (aku cakra)
  • 1 sachet ragi instan
  • 4 sdm susu bubuk
  • 1 sdt bread improved (pelembut roti) kl ga ada ganti baking pwdr
  • 80 gram gula halus
  • 60 gram margarin (aku cake n cookie)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 250 ml air matang suhu ruang +sedikit air panas
  • 2 butir kuning telur
  • Topping suka2.aku pake topping glaze merk elmer beli di SHOPEE
  • Dimakan gitu aja enk juga krn agak manis krn takaran gula byk

Cara Membuat Donat 🍩 #BikinRamadanBerkesan

  1. Aktifkan ragi.ambil 1/2/gelas air dari resep yg 250 ml itu dgn sedikit air panas.set sampai hangat kuku.masukkan 1 sdm gula dari resep lalu masukkan ragi.aduk sampai gula larut.biarkan ragi sampai berbusa.kl ga berbusa berarti ragi udah rusak,segera buang ganti yg baru.hrs sampai berbusa ya.
  2. Siapakan mixer spiral atau mixer roti milik kalian.atau mau diulen manual terserah deh.
  3. Ambil wadah bersih agak besar.sy sarankan dari steinless ya.ayak terigu lalu masukkan sisa gula,telur,susu bubuk dan pelembut roti.mixer sampai tercampur rata.lalu masukkan biang ragi pelan2 sambil mixer kecepatan paling rendah
  4. Lalu tambahkan sisa air lalu mixer bertahap sampai kecepatan 3 saja.kalo sudah setengah kalis masukkan margarin dan garam.mixer terus sampai kalis.
  5. Berhenti sesekali,matikan mixer agar mixer ga kepanasan ya mommies.kira2 udah panas matikan sebentar sekitar 30 detik lalu lanjut lagi.
  6. Tips nge mixer donat pke spiral adalah:ukutin kemana arah mixer membawa,jgn dilawan
  7. Jika adonan naik bergulung2 berarti masang spiral terbalik.segera tukar posisinya.*ibarat sendal terbalik kan ga enk*
  8. Aku 30 menit udah kalis namun tdk kalis elastis ya.kalo mau smpe kalis elastis silahkan.pengalaman aku nih,3 hari donatnya msh empuk kok.msh enk dimakanlah.kalo bikin 250 gram 20 menit udah kalis kok
  9. Setelah kalis bulatkan adonan lalu istirahatkan 10 menit tutup plastik wrap.kl ga ada bs pke serbet bersih tp basahi dulu lalu peras.
  10. Setelah 10 menit bagi2 adonan.aku 30 gram/donat
  11. Gilas lalu cetak.kl ga ada cetakan bs pke gelas nyetaknya.atau bulat2kan sampai mulus lalu bolongin pke spuit
  12. Setelah dicetak taruh diatas kertas nasi atau kertas apalah yg bersih yg ditaburi terigu.potong kecil2 kertasnya seukuran donat kl ngembang.jd nanti pas ngangkat mau digoreng donat tdk penyok
  13. Biarkan sampai ngembang 2x lipat.
  14. Setelah ngembang panaskan minyak agak byk dgn api kecil.
  15. Goreng donat bagian atas kebawah ya.api tetap kecil.
  16. Balik jika sudah kecoklatan
  17. Angkat Donat pake sumpit bambu
  18. Dinginkan
  19. Yakin deh,jika dilaksanakan sesuai resep dan ikutin tips bakal dapat donat empuk dan akan muncul white ring
  20. Berikan topping suka2
  21. Enjoy
  22. Tips:agar donat tdk bergelembung setelah digoreng adalah ketika adonan dikempiskan hrs benar2 keluar semua udara yg terperangkap di adonan.caranya,gilas adonan kuat2 atau tekan2 adonan.pastikan tdk ada lagi udara disana.
  23. Tips mendapatkan white ring:adonan hrs elastis saat diulen.menggoreng adonan hrs dgn minyak byk shg donat bs mengapung.jika adonan sudah sempurna akan kelihatan dari sini,yaitu donat mengapung/melayang krn ringan,balik jika sudah kecoklatan.cukup sekali balik saja.percayalah,cincin putih atau lingkaran putih akan muncul otomatis.jgn nipu ya,menggoreng dgn sedikit minyak agar muncul white ring.(pengalaman dlu wkt blm paham betul ttg perdonatan)

Resep / Cara Membuat Donat 🍩 #BikinRamadanBerkesan Di Tulis Oleh Anggun Sitinjak